PPMA

Pusat Pengembangan Manajemen dan Akuntansi (PPMA) merupakan lembaga di Akademi Akuntansi YKPN yang memberikan pelayanan kepada masyarakat luas, khususnya dunia bisnis, dalam memecahkan berbagai masalah manajemen, keuangan, dan akuntansi. Pelayanan tersebut meliputi (1) penyusunan studi kelayakan, (2) penelitian bidang-bidang ekonomi, manajemen, dan marketing, (3) penyusunan struktur organisasi, (4) penyusunan sistem akuntansi, (5) penyusunan laporan keuangan, (6) penyusunan anggaran, (7) konsultasi perpajakan, (8) rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan karyawan, serta (9) berbagai masalah manajemen dan keuangan lainnya.

Kegiatan utama lembaga ini adalah menyelenggarakan pendidikan dan latihan, bekerjasama dengan berbagai pihak, baik perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun pemerintah, untuk mempersiapkan calon-calon tenaga kerja yang siap pakai baik dari sisi pengetahuan, ketrampilan, maupun perilaku. Beberapa kerjasamanyang telah dialkukan sejak lembaga ini dibentuk pada tahun 1996, PPMA t terutama pendidikan dan pelatihan, antara lain:

  1. Kerjasama dengan Bank Bali, dari tahun 1996 hingga tahun 1999, berupa penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia Bank Bali. Pendidikan dibagi menjadi dua tahap, yaitu pendidikan di kelas, yang diselenggarakan di kampus Akademi Akuntansi YKPN dan pendidikan lapangan (on-the-job training), yang dilaksanakan di berbagai cabang Bank Bali di seluruh Indonesia. Program pendidikan dan pelatihan tersebut diklasifikasikan ke dalam tiga jenis program, yaitu:
    1. Basic Bank Officer Program (BBOP), yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan S-1 segala bidang ilmu untuk menjadi officer Bank Bali.
    2. Basic Branch Banking Staff Program (B3SP), yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan D-3 segala bidang ilmu untuk menjadi staf operasional, terutama frontliners, di kantor-kantor cabang Bank Bali.
    3. Credit Card Operation Program (CCOP), yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan D-3 segala bidang ilmu untuk menjadi staf operasional di Bank Bali Card Center.
    Dalam kerjasama ini, PPMA melakukan kegiatan mulai dari rekrutmen, yaitu kegiatan mencari calon dengan cara melakukan promosi dan tes ke berbagai kampus di seluruh Indonesia (in-campus recruitment), melakukan seleksi, yaitu menyaring ribuan peminat untuk memperoleh calon-calon yang memenuhi kualifikasi standar sebagai calon karyawan bank, dan melakukan pelatihan untuk mempersiapkan peserta program menjadi calon karyawan yang siap kerja.
    Hingga kerjasama ini berakhir tahun 1999, PPMA telah berhasil menempatkan 347 orang bekerja di Bank Bali dan beberapa bank lain melalui 18 angkatan.
  2. Kerjasama dengan beberapa bank lain, diantaranya Bank Shinta, Bank CIC, Bank BCD, Bank Danpac dengan pola kerjasama yang sejenis dengan kerjasama yang dilakukan dengan Bank Bali, yaitu melalui program BBOP, B3SP, dan CCOP.
  3. Kerjasama dengan PT Jasa Marga (Persero), berupa penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan pembimbingan bagi mitra binaan PT Jasa Marga (Persero) se-Jawa Tengah. Kerjasama ini telah belangsung sejak tahun 1996 dan telah melakukan pendidikan, pelatihan dan pembimbingan sebanyak 7 angkatan (±250 pengusaha kecil).
  4. Kerjasama dengan LPT INDAK, Departemen Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam bentuk kegiatan studi kelayakan, pendidikan, pelatihan, dan jasa konsultasi untuk industri kecil dan menengah di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  5. Kerjasama dengan PT Sarijaya Permana Sekuritas berupa program pendidikan dan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang pasar modal, melalui program PPPM (Program Profesi Pasar Modal)
  6. Kerjasama dengan PT Jasa Marga (Persero) berupa program pendidikan dan pelatihan bagi staf PUKK (Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi) PT Jasa Marga (Persero) dalam bidang manajemen dan akuntansi, agar semakin terampil dalam melakukan pekerjaan lapangan, khususnya dalam melakukan analisis kelayakan usaha dan "membaca" perkembangan usaha mitra binaan.
  7. Kerjasama dengan PT Sarjaya Permana Sekuritas (Sarijaya Securities) dalam bentuk pendirian Laboratorium Pasar Modal yang dilengkapi dengan teknologi informasi perdagangan efek moderen. Laboratorium ini dirancang untuk dijadikan sebagai pusat pelatihan pasar modal wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, bagi mahasiswa D3, S1 dan S2, maupun oleh masyarakat umum pemerhati pasar modal.
  8. Kerjasama dengan PT Bank Hana pada tahun 2008, berupa program pendidikan dan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia. Dalam kerjasama ini, PPMA melakukan kegiatan mulai dari rekrutmen, melakukan seleksi untuk memperoleh calon-calon yang memenuhi kualifikasi standar sebagai calon karyawan bank, dan melakukan pelatihan untuk mempersiapkan peserta program menjadi calon karyawan yang siap kerja. Dalam kerjasama tersebut, PPMA telah berhasil menempatkan 60 orang bekerja di PT Bank Hana melalui 3 angkatan pendidikan dan pelatihan, masing-masing 1angkatan Bank Officer Development Program (BODP) dan 2 angkatan Basic Branch Banking Staff Program (B3SP),.
Dalam perencanaannya ke depan, PPMA sedang mempersiapkan berbagai macam pelatihan bagi masyarakat luas, antara lain:
  1. Pelatihan perbankan untuk posisi Teller dan Customer Service
  2. Pelatihan perpajakan brevet A, B, dan C
  3. Pelatihan Auditor Interen
  4. Pelatihan komputer akuntansi dengan software "Accurate"
Penerimaan Mahasiswa Baru
LOGIN
Anda dapat login menggunakan nim, nip maupun username anda! Jika anda lupa dengan password anda, hubungi Administrator.



Kalender Akademik
October 2014
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930
31