Organisasi Kemahasiswaan

kemahasiswaan_001Kegiatan kemahasiswaan adalah kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk memperkaya wawasan seorang mahasiswa. Sebagai kegiatan di luar kurikulum, kegiatan kemahasiswaan merupakan suatu sarana dan wahana bagi setiap mahasiswa Akademi Akuntansi YKPN untuk membekali diri dengan berbagai macam keahlian dan ketrampilan khususnya di bidang hubungan antar manusia.

Melalui kegiatan kemahasiswaan, seorang mahasiswa diharapkan tidak saja menguasai pengetahuan akademik yang tinggi tetapi juga memiliki interpersonal skill yang baik, pada saat yang bersangkutan menyelesaikan studinya di Akademi Akuntansi YKPN. Hal itu penting karena kesuksesan seorang mahasiswa dalam meniti dan mengembangkan karir setelah lulus, tidak hanya ditentukan oleh kemampuan intelektual dan kemahiran profesional yang dimiliknya tetapi juga oleh kemampuannya dalam berorganisasi dan penguasaan interpersonal skill. Dengan kata lain, kegiatan kemahasiswaan yang bersifat ekstra kurikuler merupakan kegiatan penunjang sekaligus pelengkap dari kegiatan kurikuler. AA-YKPN berharap para mahasiswa bisa berprestasi baik di bidang kurikuler maupun di bidang ekstra kurikuler.

Kegiatan kemahasiswaan pada dasarnya mencakup tiga aspek, yaitu penalaran dan keilmuan, minat dan bakat, dan kesejahteraan baik jasmani maupun rohani. Kegiatan kemahasiswaan diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa dan oleh karena itu partisipasi aktif dari seluruh mahasiswa Akademi Akuntansi YKPN sangat dianjurkan. Bentuk-bentuk kegiatan kemahasiswaan dirancang dan dilaksanakan sendiri oleh mahasiswa melalui wadah-wadah kegiatan kemahasiswaan yang ada di Akademi Akuntansi YKPN, di bawah bimbingan dan koordinasi Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan.

Wadah kegiatan kemahasiswaan adalah organisasi/lembaga kemahasiswaan yang merupakan organisasi/lembaga nonstruktural di dalam kampus. Fungsi utama organisasi/lembaga kemahasiswaan adalah sebagai perencana dan sekaligus pelaksana semua kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

Organisasi Kemahasiswaan

g_menwaOrganisasi/lembaga kemahasiswaan di Akademi Akuntansi YKPN dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0457/0/1990 tanggal 28 Juli 1989 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi dan Surat Keputusan Direktur Akademi Akuntansi YKPN. Bentuk organisasi/lembaga kemahasiswaan di Akademi Akuntansi YKPN pada saat ini adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Unit Kegiatan Mahasiswa Akademi Akuntansi YKPN pada saat ini terdiri atas sebelas unit. Masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di bidang tertentu sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Jenis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

  • UKM Resimen Mahasiswa (MENWA)
    UKM Resimen Mahasiswa adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga negara dalam bela negara.
  • UKM Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA)

    g_mapala


    UKM Mahasiswa Pencinta Alam adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi, minat, dan bakat mahasiswa dalam bidang kepencintaalaman.
  • UKM Penerbitan Kampus Mahasiswa
    UKM Penerbitan Mahasiswa adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi, minat, dan bakat mahasiswa dalam bidang jurnalistik.
  • UKM Kesenian

    g_band


    UKM Kesenian adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi, minat, dan bakat mahasiswa dalam bidang kesenian. UKM Kesenian tersebut pada saat ini membawahi empat sub unit kegiatan kesenian, yaitu:
    1. Unit Band
    2. Unit Paduan Suara
    3. Unit Tari
    4. Unit Teater
  • UKM Kerohanian Islam
    UKM Kerohanian Islam adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam bidang kerohanian Islam.
  • UKM Kerohanian Katholik
    UKM Kerohanian Katholik adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam bidang kerohanian Katholik.
  • UKM Kerohanian Kristen
    UKM Kerohanian Katholik adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam bidang kerohanian Kristen.
  • UKM Kerohanian Hindu
    UKM Kerohanian adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam bidang kerohanian Hindu.
  • UKM Kerohanian Budha
    UKM Kerohanian Budha adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam bidang kerohanian Budha.
  • UKM Olah Raga

    g_basket


    UKM Olah Raga adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi, minat, dan bakat mahasiswa dalam bidang keolahragaan. UKM Olah Raga tersebut pada saat ini membawahi sembilan sub unit kegiatan olah raga, yaitu:
    1. Unit Bola Basket
    2. Unit Bola Voli
    3. Unit Sepak Bola
    4. Unit Bulutangkis
    5. Unit Tenis Meja
    6. Unit Tenis Lapangan
    7. Unit Catur
    8. Unit Renang
    9. Unit Beladiri
  • UKM Studi dan Penalaran
    UKM Studi dan Penalaran adalah UKM yang dibentuk sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam bidang studi dan penalaran.

Waktu Pembentukan dan Masa Bhakti Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa di Akademi Akuntansi YKPN dibentuk setiap awal tahun akademik. Pembentukan UKM dilaksanakan dengan cara pemilihan yang dilakukan oleh, dari, dan untuk anggota UKM yang bersangkutan. Masa bhakti pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Akademi Akuntansi YKPN adalah satu tahun.

Persyaratan Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

  • Persyaratan umum yang berlaku untuk semua UKM
    1. Terdaftar sah sebagai mahasiswa Akademi Akuntansi YKPN pada tahun yang sedang berjalan.
    2. Telah menempuh sekurang-kurangnya 34 sks dan sebanyak-banyaknya 95 sks dengan indeks prestasi kumulatif sekurang-kurangnya 2,50.
    3. Menyatakan kesediaan secara tertulis untuk dipilih dan mematuhi mekanisme kerja serta semua peraturan yang berlaku di Akademi Akuntansi YKPN.
    4. Menyatakan kesediaan secara tertulis untuk memajukan bidang penalaran, minat bakat, dan kesejahteraan mahasiswa.
    5. Menyatakan kesediaan secara tertulis untuk bersikap independen dalam menjalankan program-program kemahasiswaan.
    6. Menyatakan kesediaan secara tertulis untuk tidak membawa-bawa dan memasukkan kegiatan organisasi/lembaga dari luar kampus yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan kemahasiswaan Akademi Akuntansi YKPN, ke dalam kegiatan kemahasiswaan di Akademi Akuntansi YKPN.
  • Persyaratan khusus yang berlaku bagi UKM tertentu
    Persyaratan khusus sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam setiap UKM yang bersangkutan.

Mekanisme Pembentukan Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

  1. Pengurus UKM periode berjalan (pengurus lama) mengusulkan daftar calon pengurus UKM periode berikutnya (calon pengurus baru), dilampiri dengan surat pernyataan kesediaan menjadi pengurus UKM untuk setiap calon pengurus yang diajukan.
  2. Wakil Direktur III mengecek keabsahan persyaratan calon pengurus baru UKM yang diusulkan oleh pengurus lama UKM.
    • Apabila terdapat calon pengurus baru UKM yang tidak memenuhi persyaratan, maka Wakil Direktur III akan meminta kepada pengurus lama UKM untuk mengganti calon pengurus termaksud dengan calon lain yang memenuhi persyaratan.
    • Apabila semua calon pengurus baru UKM sudah memenuhi persyaratan, maka Wakil Direktur III akan mengusulkan calon pengurus UKM tersebut kepada Direktur untuk disyahkan dan dilantik.
    • Direktur melantik pengurus baru UKM.

Susunan Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

  1. UKM Resimen Mahasiswa
    • Komandan
    • Wakil Komandan
    • Seksi-seksi:
      1. Logistik
      2. Provost
      3. Administrasi dan Personalia
      4. Intelpam
  2. UKM Lainnya
    • Ketua
    • Sekretaris
    • Bendahara
    • Pembantu Umum
Penerimaan Mahasiswa Baru
LOGIN
Anda dapat login menggunakan nim, nip maupun username anda! Jika anda lupa dengan password anda, hubungi Administrator.



Kalender Akademik
July 2014
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
31